Demi Keamanan Babinsa & Bhabinkamtibmas Dampingi Takbir Keliling di Wilayah Binaan

waktu baca 2 menit
Rabu, 10 Apr 2024 13:19 0 69 REDAKSI

Rajawali1news.com Kebaron, Takbir atau takbiran menjadi bagian yang tidak terlepas dari dua hari raya islam, Idul Fitri dan Idul Adha. Keberadaannya menyemarakkan hari-hari raya tersebut, sekaligus menjadi syiar agama.Kegiatan inilah yang dilakukan oleh warga Desa kebaron kecamatan tulangan Kabupaten sidoarjo.

Kegiatan berlangsung cukup meriah, Babinsa selalu mengingatkan untuk selalu menjaga kekompakan, kegiatan Takbir yang digelar setiap malam menjelang hari raya islam ini, di ikuti hampir oleh seluruh warga. Dan tiap tiap RT membuat simbol arak-arakan sendiri, ada yang menampilkan miniatur masjid, wayang orang dan lain lainya.

Terlihat di sela-sela takbiran, sosok anggota TNI Koramil 0816/05 Tulangan bersama Bhabinkamtibmas Polsek Tulangan serta Pamdes, Linmas dan pemuda Karang Tarunan mengamankan jalannya pawai takbiran. Serma Edi Babinsa Desa Tulangan dengan sigap dan cekatan menagtur lalu lalang kendaraan untuk memberikan jalan kepada peserta takbiran.

Serma Edi mengatakan,takbir keliling ini selain dilombakan juga merupakan tradisi kebudayaan masyarakat Indonesia saat menyambut dua hari raya Idul Fitri dan Idul Adha yang perlu kita pertahankan dan lestarikan sebagai wahana untuk mempererat ukuwah islamiyah sesama umat muslim.

Menurutnya sudah sepatutnya sebagai aparat kewilayahan untuk mengawal dan mengamankan acara ini agar terlaksana dengan lancar dan aman. “Ini merupakan tanggung jawab spiritual seorang Babinsa untuk membina dan mendorong para generasi muda di wilayah binaannya untuk turut melestarikan budaya-budaya luhur bangsa agar tidak terkikis/tersisih oleh budaya barat. Dan semoga acara ini dapat berjalan dengan aman dan lancar”, tandasnya. (Red)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA