Haflah Akhirusanah Khotaman Dan Imtihan TPQ An-Nur Desa Geger

waktu baca 2 menit
Sabtu, 2 Des 2023 18:25 0 53 REDAKSI

LAMONGAN,RSN – Istilah Haflah Akhirusanah tentunya tidak asing bagi umat Islam Indonesia, lebih-lebih kalangan pesantren. Haflah Akhirusanah adalah perayaan yang di laksanakan pada akhir tahun pelajaran oleh institusi pendidikan Islam baik formal maupun non formal.

Demikian pula Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) An-Nur, Dusun Dungus Desa Geger. Setiap dua tahun sekali TPQ An-Nur menyelenggarakan Haflah Akhirusanah dengan Khotaman dan Imtihan yang merupakan laporan kepada orang tua murid, dimana orang tua bisa menguji Tartil dan tahfidz anaknya di depan publik. Yang diselenggarakan pada Sabtu di mulai puku 07:00 pagi. Dan malam nya ba’da isya’ di adakan sholawat bersama Habib Umar Bin Muhammad Al Habsyi serta pengajian KH. Dimyati Lathif dan di meriahkan oleh Hadrah Mahabbaturosul Lamongan.

Haflah Akhirusanah yang di ikuti oleh santri-santri TPQ An-Nur yang berjumlah 150 santri, yang di hadiri pula oleh perangkat dusun, perangkat desa, tokoh masyarakat, dan tokoh agama.

Pada Haflah Akhirusanah kali ini tercatat 28 santri di wisuda Karena telah khotam Al-Qur’an. Santri-santri yang giat belajar tersebut di bimbing oleh para ustadzah di TPQ An-Nur yakni Ustadzah Siti Khoiriyah, ustadzah Sri Mutmainah, ustadzah Dewi, ustadzah Nikmah, ustadzah Niafah, Ustadzah Datul.

“Walaupun sudah lulus dan khotam Qur’an harapan ustadzah para santrinya tetap membaca Al-Qur’an dirumah setiap hari” ucap ustadzah Siti Khoiriyah selaku kepala TPQ An-Nur.

Semoga dengan insentifnya pendidikan agama untuk anak-anak, kelak terbentuk generasi islami yang berpengalaman, berilmu, bertaqwa, guna memajukan nusa, bangsa, negara dan agama. (Iin)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA