KARTAR Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang Peringati Lahirnya Pancasila dengan Penanaman Pohon Penghijauan di Wilayahnya

waktu baca 2 menit
Jumat, 2 Jun 2023 09:29 0 79 REDAKSI

JOMBANG,RSN – Karang Taruna Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang Memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni dengan cara unik yaitu penanaman pohon penghijauan di wilayahnya.

Reboisasi merupakan salah satu bentuk kegiatan penghijauan untuk meningkatkan rasa cinta lingkungan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air di hari peringatan Kelahiran Pancasila, Kamis (1/6/2023).

Pada peringatan hari lahirnya Pancasila tahun ini Faizuddin Fil Muntaqobat yang akrap dipanggil Gus Faiz selaku ketua karang taruna kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang mengatakan, nilai – nilai Pancasila jangan sampai pudar ditelan zaman apalagi di kalangan anak-anak muda Desa yang lahir setelah era reformasi dan hanya mengenal Pancasila dari buku sejarah. Pancasila merupakan falsafah bangsa yang harus dimaknai mendalam dan tercermin secara kultural dalam sikap dan perilaku sehari-hari.

Tetap jaga nilai-nilai pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari terutama untuk para Generasi Muda Desa, tetap perkuat, pertahankan dan amalkan falsafah bangsa kita yaitu Pancasila. Karena peghijauan termasuk dalam nilai-nilai pancasila ke-5 yang berbunyi “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”Yang berarti harus melaksanakan kewajiban dan memeroleh hak dengan seadil-adilnya, dan penghijauan termasuk kewajiban rakyat Indonesia.

Kami dari karang taruna kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang melakukan penghijauan kembali bersama generasi muda sekecamatan Tembelang agar alam menjadi hijau.

Hal ini kami lakukan bersama generasi muda Desa Gabusbanaran Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang bertujuan agar kesadaran generasi muda untuk melakukan penanaman pohon semakin tinggi sehingga sampai dewasa akan selalu teringat untuk selalu menanam pohon dan merawat pohon dengan baik.

Sudah sepantasnya kita memiliki kepedulian terhadap penghijauan dan reboisasi yang ada Di Indonesia, khususnya di kabupaten Jombang. Terutama saat ini banyak sekali bencana alam yang disebabkan oleh ulah tangan manusia seperti banjir, tanah longsor dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain melakukan reboisasi, kami dari karang taruna mengajak seluruh Perusahaan yang berada di lingkungan kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang serta masyarakat desa khususnya generasi muda untuk melakukan penghijauan sedini mungkin. (seco)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA