Bulan Bung Karno NKRI Sehat Selenggarakan FGD

waktu baca 2 menit
Jumat, 16 Jun 2023 16:46 0 91 REDAKSI

SEMARANG,RSN – Mengisi kegiatan Bulan Bung Karno yang jatuh pada bulan Juni 2023, NKRI Sehat mengadakan acara Forum Group Discussion tanggal 16 Juni 2023 di Semarang dengan mengambil tema “Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”.

Sebagai narasumber dalam diskusi tersebut adalah Pastor Antonius Benny Susetyo Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP atau yang lebih dikenal dengan sapaan Romo Benny Susetyo. Hadir dalam acara tersebut para dokter, perawat, para medik dan profesi lain yang berhubungan dengan dunia medikal.

Didampingi Ketua NKRI Sehat Pusat dr. Kelik Suhardiyono, SpOT, Romo Benny antara lain mengatakan bahwa sekarang ini pemahaman Pancasila di masyarakat termasuk peserta didik sangatlah minim, banyak yang kurang memahami Pancasila, bahkan konon dari hasil survei ada yang mengatakan bahwa Pancasila bisa diganti Kondisi ini cukup beralasan karena Pancasila telah dihapus dari mata pelajaran di sekolah – sekolah yang cukup lama dan diperparah ketika di rezim Orde Baru, Pancasila juga digunakan sebagai alat legitimasi kekuasaan, sebagai instrumen kekuasaan atau piranti untuk “memukul” lawan politik.

Meskipun Pancasila sudah banyak diperbincangkan namun masih belum mampu mengubah nilai – nilai kehidupan Pancasilais di kalangan masyarakat. “Pancasila belum menjadi habituasi dalam kehidupan Kita,” kata Romo Benny. “Pancasila belum menjadi living dan walking ideology. Pancasila belum terwujud nyata dalam implementasi bidang ekonomi, pendidikan dan politik, “ lanjut Benny.

Di bulan Bung Karno ini Romo Benny juga menyinggung tentang Trisaktinya Bung Karno, yakni Berdaulat di bidang politik, Berdikari di bidang ekonomi dan berpribadian di bidang kebudayaan.

Menurutnya , Presiden Joko Widodo nampaknya mencoba menerapkan Trisakti ajaran Bung Karno di dalam menjalankan kebijakannya. “Hilirisasi, pengambilalihan Freeport, Blok Rokan, dan lain – lain, menjalankan politik bebas aktif dengan KTT G -20nya dan memajukan kebudayaan nasional merupakan beberapa contoh langkah yang dilaksanakan Pak Jokowi,” lanjutnya.

Ketika ditanya tentang langkah konkrit dan mudah dilakukan untuk memasyarakatkan nilai – nilai Pancasila, Romo Benny menyarankan antara lain perlunya mengisi ruang – ruang publik dengan nilai – nilai Pancasila dengan metode kekinian melalui media yang diminati seperti tik tok, instagram misalnya, atau melalui pendekatan budaya. (Sanki W)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA