Kolaborasi Forkopimda Sidoarjo dalam Menangani Genangan Air di Desa Semampir dan Sedati Agung

waktu baca 2 menit
Jumat, 12 Apr 2024 08:02 0 13 REDAKSI

Rajawali1news.com SIDOARJO, 11 April 2024 – Dalam rangka mengatasi dampak genangan air yang terjadi di desa Semampir dan Sedati Agung, Kabupaten Sidoarjo, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sidoarjo yang dipimpin oleh Bupati Sidoarjo H. Achmad Muhdlor Ali, S.I.P., bersama Dandim 0816/Sidoarjo, Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo, bersama dengan pejabat daerah telah melakukan pemantauan dan pengecekan langsung di lokasi yang terkena dampak. Kegiatan ini diadakan pada hari Kamis, 11 April 2024, pukul 09.00 WIB.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Sidoarjo H. Achmad Muhdlor Ali, S.I.P., Ketua DPRD Kab. Sidoarjo H. Usman, M.Kes., Sekda Kab. Sidoarjo dr. Feni Afridawati, M.Kes., serta kepala-kepala dinas dan lembaga terkait yang turut memberikan dukungan penuh dalam penanggulangan bencana ini. Kegiatan ini juga diikuti dengan pembagian sembako kepada warga yang terdampak sebagai bentuk kepedulian langsung kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dalam sambutannya, Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo menekankan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk mengurangi risiko banjir yang lebih parah di masa depan, terutama dengan mengontrol pertumbuhan tanaman enceng gondok yang dapat memblokir aliran air.

Salah satu faktor yang memperburuk kondisi banjir adalah pertumbuhan tanaman enceng gondok yang tidak terkontrol, yang dapat memblokir aliran air. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama memperhatikan dan mengambil langkah-langkah konkret dalam mengontrol pertumbuhan enceng gondok ini. Aksi nyata kita bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan, terutama di sungai dan saluran air, serta aktif dalam kegiatan bersih-bersih sungai.

Marilah kita jadikan kegiatan ini bukan hanya sebagai kegiatan seremonial, tetapi sebagai bagian dari komitmen kita untuk masa depan yang lebih baik. Kita perlu bahu-membahu, bekerja sama, tidak hanya antar instansi pemerintah, tetapi melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Semoga upaya kita ini mendapatkan ridho Allah SWT, dan semoga kita semua selalu diberikan kekuatan serta kemudahan dalam menjalankan setiap amanah dan tanggung jawab yang telah dipercayakan kepada kita.

Bupati Sidoarjo, H. Achmad Muhdlor Ali, S.I.P., mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang terlibat, menyatakan bahwa kerjasama antar lembaga dan kepedulian terhadap warga adalah kunci dalam menghadapi dan mengatasi bencana alam seperti ini. Bupati juga menyoroti pentingnya respons cepat dan efektif dari pemerintah dan lembaga terkait dalam membantu warga yang terdampak.

Kegiatan ini tidak hanya membawa bantuan yang mendesak, tetapi juga menjadi wadah dialog antara warga dan pemerintah untuk menemukan solusi jangka panjang dalam penanganan masalah banjir, termasuk usulan untuk meninggikan jalan dan membangun bendungan pada titik-titik kritis sebagai langkah preventif di masa depan.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA