Polres Jombang Berhasil Mengurai Kepadatan Arus Lalin di Jalur Arteri

waktu baca 2 menit
Sabtu, 13 Apr 2024 07:28 0 15 REDAKSI

Rajawali1news.com JOMBANG, – Polres Jombang bersama intansi terkait melakukan pengalihan arus lalin melalui jalur alternatif dan Contraflow. Upaya tersebut berhasil mengurai kepadatan arus lalu lintas di jalur arteri Kecamatan Bandarkdungmulyo.

Pantauan di pos pengamanan Desa Gondangmanis, jalur arteri Bandarkedungmulyo, arus lalu lintas dari arah Jombang menuju Simpang Mengkreng, Kediri terlihat padat. Petugas gabungan berusaha mengurai dengan memberi imbauan kepada pengemudi agar menggunakan jalur alternatif .

Petugas juga sempat menerapkan Contraflow dengan menutup sementara jalur Kediri-Jombang. Rekayasa lalu lintas tersebut buah kerja sama Polres Jombang dengan Polres Kediri, Polres Nganjuk dan Dinas Perhubungan setempat.

Pola-pola yang diterapkan polisi bersama Instansi terkait ini, cukup efektif mengurai kepadatan arus. Alhasil, kepadatan lalu lintas di jalur arteri Bandar Kedungmulyo berkurang.

Menurut Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi, selain dampak Simpang Mengkreng, kemacetan di jalur arteri juga disebabkan aktivitas di perlintasan KA Bandarkedungmulyo. Sebab selama arus mudik lebaran, 55 kali Kereta api melewati perlintasan ini. Setiap Kereta melintas menutup jalur arteri selama 3-6 menit.

“Tadi sempat padat efek perlintasan Kereta Api. Kami lakukan buka tutup. Dari pagi hingga siang ini kami sudah 2 kali buka tutup,” ujar AKBP Eko kepada wartawan di lokasi, Jumat (12/4/2024).

Untuk mencegah kemacetan kian parah di jalur arteri Bandar Kedungmulyo, pihaknya sempat mengalihkan kendaraan para pemudik dari arah Jombang melalui jalur alternatif Jatipelem-Papar, Kediri. Selain itu, pihaknya juga sudah 2 kali menerapkan contraflow sejak pagi.

Contraflow kedua diterapkan pukul 12.10 WIB selama 3 menit. Ketika arus lalu lintas dari barat ke timur atau dari arah Kediri dan Nganjuk menuju Jombang sepi, jalurnya ditutup sementara. Sehingga jalur arteri Bandar Kedungmulyo sampai Simpang Mengkreng dibuat satu arah khusus pemudik dari timur ke barat atau dari arah Jombang.

Rekayasa lalu lintas tersebut efektif mengatasi kemacetan di jalur arteri Bandarkedungmulyo. Sebab setelahnya, arus lalu lintas dari arah Jombang menuju Kediri dan Nganjuk menjadi ramai lancar.

“Kami terus koordinasi dengan Polres Kediri, Polres Nganjuk, pihak tol dan PJR Polda Jatim untuk update situasi dan pengaturan lalu lintas. Sehingga menjadi kolaborasi yang luar biasa dalam pelayanan arus mudik lebaran,” ujarnya.

AKBP Eko Bagus mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari kemacetan agar menggunakan jalur alternatif serta patuhi peraturan lalu lintad dan arahan petugas yang di lapangan.

“Untuk menghindari kemacetan, gunakanlah jalur altefnatif serta patuhi arahan petugas di lapangan,” imbaunya. (Red)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA