Hari Pertama Ibadah Kurban 1445 H, Dinas Pangan dan Pertanian Kab. Sidoarjo dan Koramil 0816/15 Sukodono Pastikan Hewan Kurban Bebas Penyakit di Sidoarjo

waktu baca 2 menit
Selasa, 18 Jun 2024 11:22 0 17 REDAKSI

SIDOARJO,RSN – Di hari pertama pelaksanaan ibadah kurban 1445 Hijriah, Dinas Pangan dan Pertanian Kab. Sidoarjo dan Koramil 0816/15 Sukodono Kab Sidoarjo tidak menemukan hewan kurban yang terinfeksi penyakit. Baik itu penyakit mulut dan kuku ataupun cacing hati.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kab. Sidoarjo, Dr Eni Rustianingsih ST. MT mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan di lima kecamatan, hewan kurban yang disembelih oleh pengurus masjid, musala atau masyarakat relatif aman. Dengan kata lain, tidak ditemukan persoalan yang berarti.

“Tim sudah ke berbagai lokasi di lima kecamatan. Hasilnya hewan kurban yang disembelih dalam keadaan sehat,”, usai melakukan pemeriksaan di Masjid Baitul Amirin.

Ia mengungkapkan, pada pelaksanaan ibadah kurban tahun ini, pihaknya masih mewaspadai adanya cacing hati pada organ dalam hewan kurban. Namun dilihat sejauh ini, kemungkinan besar kasusnya sudah menurun.

“Cacing hati masih menjadi atensi kita,” katanya.

Ia menerangkan, bahayanya bila mengkonsumsi bagian organ dalam hewan kurban yang terinfeksi cacing hati. Seperti diare dan keracunan.

“Kalau ditemukan kita sarankan untuk dibuang di bagian itu saja. Kalau dagingnya aman saja untuk dikonsumsi,” ucapnya.

“Sebelum dan sesudah atau selama proses pemotongan hewan kurban tetap kita pantau,” ujarnya.

Ia menerangkan, pemeriksaan yang dilakukan tim meliputi antemortem dan postmortem. Sejauh ini hasilnya semua hewan kurban dalam keadaan sehat. (Skp)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA