Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa: Pangdam V/Brawijaya Tegaskan Komitmen Jaga Persatuan

waktu baca 3 menit
Sabtu, 1 Jun 2024 18:28 0 38 rajawali1news

Surabaya, RSN – Hari ini, bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila ke-79. Peringatan ini menjadi momen penting untuk kembali merenungkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai pemersatu bangsa dan panduan menuju Indonesia Emas 2045.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini dilaksanakan di Lapangan Ahmad Yani Makodam V/Brawijaya, Surabaya, dengan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay sebagai inspektur upacara dengan mengusung Tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Pangdam V/Brawijaya dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

“Pancasila telah terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,” ujar Pangdam.

Lebih lanjut, Pangdam V/Brawijaya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

Di tengah perkembangan global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat, Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” tegas Mayjen TNI Rafael

Pangdam V/Brawijaya juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

Dengan semangat Pancasila yang kuat, Pangdam V/Brawijaya berharap seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi momentum penting untuk meneguhkan komitmen kita dalam menjaga dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dengan semangat Pancasila, mari kita bersama-sama membangun Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Kip

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA