Program Non Fisik, Satgas TMMD Bekerja Sama Dengan Dinas Kesehatan Dalam Sosialisasi Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga

waktu baca 1 menit
Rabu, 5 Jun 2024 08:50 0 17 REDAKSI

Jombang,RSN – Program TMMD ke 120 Kodim 0814/Jombang dalam program non fisik, satgas tmmd bekerja sama dengan dinas kesehatan dalam sosialisasi pemanfaatan tanaman obat keluarga yang di laksanakan pada selasa 04 Juni kemarin.

Pemanfaatan bahan alami Tanaman Obat Keluarga (TOGA) secara optimal belum dilakukan, disebabkan oleh tingkat pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang jenis-jenis dan khasiat tanaman obat masih rendah.

Sehingga belum diutamakan untuk pencegahan dan pengobatan penyakit. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Desa Pangklungan Kec. Wonosalam dalam pemanfaatan TOGA untuk pengobatan herbal dalam upaya peningkatan nilai tambah tanaman obat sebagai upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Metode pelaksanaan meliputi observasi, pemaparan materi penyuluhan, tahap diskusi, dan pemberian umpan balik sebagai evaluasi, serta tahap akhir pemberian contoh bibit TOGA.

Berdasarkan hasil sosialisasi menunjukkan bahwa kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang pemanfaatan sumber daya alam sebagai pengobatan herbal. Dengan demikian diharapkan adanya peningkatan pengetahuan masyarakat tentang TOGA demi peningkatan wawasan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan bagi diri sendiri dan anggota keluarga. (Skp)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA